Strategi Mengembangkan Ekonomi Kreatif di Masa COVID-19

Strategi Mengembangkan Ekonomi Kreatif di Masa COVID-19 – Masa pandemik covid-19 belum berkahir, tetapi sudah mulai memasuki fase new normal dimana diharapkan agar kegiatan ekonomi kreatif bisa berjalan seperti biasa lagi.

Info mengenai edukasi ekonomi kreatif bisa dengan mengunjungi situs www.andriyan-hw.site

Dimana di situs tersebut akan dibahas secara mendalam mengenai ekonomi kreatif yang bagus selagi masa pandemik sekarang.

Ada beberapa gerakan dari mentri parekraf, salah satunya adalah dengan mendukung penuh budidaya kopi nusantara.

Selama masa tanggap darurat ini, program ini telah diluncurkan sesuai dari wewenang kementrian dalam upaya memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Gerakan ini pun sangat banyak diduung dari sektor lainnya, mengingat bahwa Indonesia adalah salah satu pengekspor kopi terbesar di Dunia selain Brazil, kopi lokal banyak peminatnya.

Selain dari sektor pangan, kementrian juga terus mendukung ekonomi muda agar bisa terus berkembang dan memajukan ekonomi muda di Indonesia.

Walaupun belum sepenuhnya normal, program ini diharapkan dapat menumbuhkan tingkat ekonomi Indonesia yang saat ini terpuruk karena COVID-19.

Apalagi sekolah dan kampus akan mulai normal dimulai Tahun depan, dimana kita semua harus kerja ekstra untuk menjalankan perekonomian sendiri.

Sekarang banyak anak muda mulai terjun dalam dunia digital, yaitu Youtube.

Dimana kita bisa menghasilkan uang dari banyaknya penonton video kita, yang mana bisa di monetisasi. Tapi hal ini tidak selalu menghasilkan dampak positif, ada juga efek negatif nya, yaitu masyarakat indo sering dibodohi dengan konten yang tidak berguna atau bahasa gaul nya unfaedah.

Apalagi sekarang sangat sulit untuk mendaftarkan akun youtube agar bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Banyak sekali syarat yang harus kita setujui, tidak seperti dulu yang mana masih mudah untuk mendaftarnya.

Untuk itu, kita harus bijak dalam berbisnis dan mengembangkan ekonomi muda, baik lewat dunia nyata maupun dunia digital seperti Youtuber dan Blogger.

Itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai strategi ekonomi kreatif di masa pandemik covid-19 sekarang, semoga bermanfaat.